SELAMATA DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERTANIAN Kab. SERDANG BEDAGAI

DINAS PERTANIAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI STUDI BANDING KE KEBUN DURIAN “D’KING FRAM DURIAN”

KOTARIH, SELASA (30/08/2022). Sebanyak 7 (tujuh) orang dari Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai, 3 (tiga) Mantri Tani, Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian dan Penyulih Melaksanakan Studi Banding ke Dusun I Desa Huta Galuh Kecamatan Kotarih .

Rombongan yang di pimpin Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Dinas Pertanian Kabupaten Serdang Bedagai didampingi Kepala Desa Huta Galuh, melakukan studi banding ke Kebun Durian milik Pak Ilyas (56 thn), seorang purnawirawan TNI yang sedang merintis usaha perkebunan durian milik bersama dengan 3 (tiga) rekannya. Beliau salah satu pemilik sekaligus pengelola perkebunan durian yang diberi nama “D’King Farm Durian”.

“D’King Farm Durian ini saya rintis sejak 2016 lalu. Untuk Jarak tanamnya 10m x 10m dan hingga saat ini tanaman berjumlah 1000 batang. Adapun varietas yang ditanam, yakni: Musang King, Ochi, TK, Pelangi dan beberapa jenis durian lokal. Mayoritas yang ditanam disini adalah Musang King dan Ochi, yang saat ini tengah populer dan dikenal sebagai durian terbaik yang telah diakui dunia,”paparnya. Mengapa durian? Beliau memiliki alasan khusus mengapa memilih tanaman tersebut selain beliau penyuka durian, yaitu ingin melestarikan durian di daerah tempat tinggalnya, menurutnya sudah langka durian lokal di Serdang Bedagai ini sehingga perlu untuk kita lestarikan, “imbuhnya. Selain itu, durian seperti Musang King ini memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tanaman perkebunan seperti sawit.

Rasman Purba selaku Kepala Desa Huta Galuh juga memberikan dukungan   terhadap perkebunan durian ini dalam rangka mengembangkan dan melestarikan tanaman durian. “Prospek usaha kebun durian baik untuk desa ini, bahkan pertama dan satu-satunya di Kecamatan Kotarih.” tuturnya. Rasman menyampaikan bahwa pada tahun 2017 silam, Pak Ilyas bersama rekannya melakukan sosialisasi mengenai budidaya durian yang mereka kembangkan ini, mereka juga membagikan bibit durian gratis kepada masyarakat sekitar. Pembagian bibit tersebut bertujuan mendorong masyarakat agar ikut untuk merawat dan memelihara tanaman durian yang diberikan sehingga diharapkan masyarakat ikut merasakan hasil produksinya.

Kepala Bidang TPH Dinas Pertanian Serdang Bedagai Chairul, SP, MP, sangat antusias adanya kawasan perkebunan durian ini karena pembudidayaan tanaman durian secara luas dan modern masih langka di Serdang Bedagai. Menurut Chairul, buah durian merupakan buah unggulan Indonesia yang memiliki pangsa pasar lokal dan internasional. Buah ini dinilai laku keras karena memiliki penggemar yang sangat uas di seluruh Indonesia. Apalagi areal tanah perbukitan menjadi pilihan yang cocok untuk pertanaman durian yang membutuhkan tanah subur, gembur dan tidak tergenang.

Udara yang sejuk dengan pohon-pohon durian yang berjejer terbentang di lahan seluas 10 ha ini, hijau dimana-mana terlebih kontur tanah perkebunan yang berbukit-bukit menambah keindahan pemandangan. Sembari berkeliling di kebun, Pak Ilyas memberikan penjelasan mengenai cara budidaya durian mulai dari olah tanah sebagai langkah awal yang sangat penting dalam budidaya, panduan menanam bibit dengan perlakuan entres/teknik menyambungkan batang atas dari tanaman induk unggul, pemupukan yang terjadwal tiap minggu dan cara pemupukan yang disemprot ke daun dan tanah melalui pipa-pipa yang dialirkan ke tanaman. Begitu juga dengan pemeliharaan dan perawatan tanaman yang diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan produktivitas tanaman. Namun tanaman durian ini belum pernah terjadi panen serentak. Tetapi, beberapa pohon ada yang sudah pernah berbuah paling tinggi hasilnya 50 buah sekali panen. Pak Ilyas berkata “Harapannya semoga panen serentak nantinya bisa memperoleh hasil yang baik.”

Dengan studi banding ke kebun durian tersebut, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan lebih mengenai budidaya durian serta dapat memotivasi masyarakat luas mengenai potensi durian di desa tersebut.

Trending Posts
Edit Template
Featured Posts

No Posts Found!

--ALAMAT--

Jalan Sei Rejo No. 94 Kec. Sei Rampah

0621-442137

distan.sergai.sumut@gmail.com

copyright@2022 distansergaikab